Ketidak Sukaan yang Menjadi Profesi

           Di Indonesia, hingga saat ini yang mempunyai profesi atau yang menjadi seorang caregiver sangatlah langkah. Banyak dari masyarakat yang menganggap keliru Saat banyak orang ditanya siapa sih caregiver itu / pekerya kesehatan? Banyak yang menjawab tidak tahu karena mereka belum pernah mendengar kata-kata tersebut. Bahkan mereka tidak menyadari bahwa sebagian dari mereka telah melakukannya selama bertahun-tahun. Beberapa dari mereka tidak menyadari bahwa profesi caregiver itu telah mereka sandang selama bulanan, bahkan belasan sampai puluhan tahun.

            Berbagai definisi dijelaskan oleh berbagai pihak dari bermacam background. Salah satunya dari Insan Medika lewat laman nya, bahwa caregiver itu adalah profesi khusus seperti merawat orang- orang lansia dan disabilitas, yang mana profesi tersebut adalah cabang dari ilmu keperawatan. Tugasnya adalah mendampingi para lansia dan defabel yang berada di luar disiplin ilmu keperawatan.

            Menurut Reinhard, dari Pijar Psikologi, family caregiver adalah pendamping atau pengasuh informal yang terdiri atas anggota keluarga, sahabat, teman atau tetangga yang merawat orang yang memiiki penyakit akut atau kronik dan membuuthkan bantuan pendamping untuk melakukan beberapa aktivitas seperti membersihkan diri, mengenakan pakaian , dan minum obat.

            Jadi jelas dari dua sumber yang diatas, bahwa caregiver ini tidak dapat disamakan atau dianggap sebagai PRT atau ART. Pekarya kesehatan atau pendamping ini mempunyai ketrampilan profesi yang mereka dapatkan dari pelaithan singkat. Baik itu secara informal ataupun secara formal. Sering kali orang menyangka bahwa pekarya kesehatan ini dapat dikategorikan dan mempunyai diskripsi pekerjaan yang sama dengan ART yang tugasnya adalah lebih banyak di dapur serta mencuci. Singkatnya, pekarya ini adalah aktivitas yang banyak orang tidak suka, tetapi dewasa ini, aktivitas ini menjadi profesi tersendiri bagi orang tersebut.

            Beberapa riset awal pendek dengan kelompok kecil telah dilakukan penulis berhubungan dengan pekarya kesehatan ini dan hasilnya pun dapat menjadi tolok ukur bagi peneliti atau mentor yang melakukan cargiver untuk dapatnya mengedukasi masyarakat luas tentang apa arti pekarya kesehatan ini. Mengapa pekarya kesehatan ini dibutuhkan. Hasil tersebut secara umum, memperlihatkan bahwa ternyata masyarakat luas ini tingkat kepedulian nya terhadap lansia kurang ( jika ditelaah dan dingat kembali, kita semua juga akan berangsur memasuki masa produktif yang nantinya sama dengan para lansia tersebut ), perhatian terhadap sesama menduduki tingkat yang tidak juga tinggi, pengetahuan tentang merawat lansia dan disabilitas bias dikatan nol karena mereka tidak mempunyai pengetahuan untuk ketrampilan tersebut, bahkan untuk pertolongan pertama kepada orang tua sendiri juga tidak pernah diterima oleh para partisipan.

            Oleh karena itu dengan adanya bebrapa fakta di atas melalui laman ini, admin berusaha untuk menyajikan berbagai artikel, riset, serta membagikan pengalaman yang pernah ada kepada para pembaca agara dapat sama-sama mengerti apa arti caregiver / pekarya kesehatan itu. Bukan hanya artikel yang akan disajikan untuk kedepannya tetapi akan ada video pendek, atau foto yang dapat memberikan gambaran kepada para pembaca, seperti apa tugas dan aktifitas pekarya kesehatan tersebut

            Pada kesempatan ini, dalam artikel pertama, definisi caregiver menjadi sangat penting untuk kita semua ketahui. Peran pekarya kesehatan ini sangatlah penting untuk kelangsungan hari-hari para lansia. Pelatihan dibutuhkan tidak hanya dalam teori tetapi banyak secara ketrampilan yang harus dilakukan. Bahkan secara mentalitas juga harus dikuatkan agar pekarya kesehatan atau pendamping tersebut tidak patah semangat jika menghadapi masalah. Menjadi lebih professional untuk seorang pekarya kesehatan. Menjadi profesi bagi seseorang untuk masa depan dan bukan hanya sebagai mata pencaharian tetapi sebagai pekerjaan yang mulia. Mungkin banyak dari kita sendiri tidak tertarik atau tidak suka merawat orang lansia dan disabilitas, tetapi ketidak sukaan tersebut mau tidak mau akan menjadi profesi kita kelak di masa yang akan dating.

            Pada artikel-artikel mendatang, kami akan membagikan lebih dari suka duka sebagai pekarya kesehatan dan juga tips-tips bagaimana menjadi seorang pekarya kesehatan yang professional dengan tidak dipandang rendah dalam profesinya. Semoga pembaca berkenan dengan artikel-artikel yang kami muat. Untuk pertanyaan dan ketertarikan dapat menghubungi e-mail di laman Yayasan ini.

-IK-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *