Pentingnya Nutrisi

Kesehatan memiliki hubungan erat dengan pola makan sehat.

Pola makan sehat atau diet yang sering kali dikenal sebagai memangkas dan memotong porsi makan yang biasanya dikonsumsi. Tapi pola makan atau diet yang benar bukanlah memangkas dan memotong porsi makan saja, tetapi juga menjaga kadar gizi yang ada pada makanan yang dikonsumsi.

Makan makanan bergizi hanya merupakan salah satu bagian dari cara memiliki gaya hidup sehat. Selain menjaga pola makan, kita juga harus rajin berolahraga. Pola makan yang baik dan olahraga yang teratur dapat membuat badan kita menjadi lebih bugar, membuat berat badan menjadi ideal, menurunkan resiko terkena penyakit kronis (seperti hipertensi, diabetes, stroke, kanker, penyakit jantung, dll), serta meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Di sekolah kita sering diajarkan mengenai 4 sehat dan 5 sempurna. Menu 4 sehat dan 5 sempurna terdiri dari:.

  1. Makanan pokok

Makanan pokok merupakan sumber karbonhidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak jenis makanan pokok yang sudah kita kenal, seperti nasi putih, nasi merah, gandum, jagun, sagu, singkong atau jenis umbi-umbian lainnya.

  • Lauk pauk

Lauk pauk merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein di bagi menjadi dua jenis berdasarkan kategorinya, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani diperoleh dari daging-daging hewan (seperti daging ikan laut, daging ikan air tawar, daging ungas, dan daging sapi, dan daging hewan lainnya. Sementara protein hewani diperoleh dari tanaman atau hasil olahan tanaman yang memiliki protein tinggi, seperti tahu dan tempe. Sebaiknya kita mengkonsumsi kedua jenis protein karena masing-masing protein memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  • Sayur mayur

Pada umumnya sayur-sayuran mengandung multi-vitamin, mineral, dan zat gizi yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan anak-anak. Tergantung jenisnya, sayur-sayuran memiliki tingkat serat tinggi yang dapat memperlancar pencernaan.

  • Buah-buahan

Sama seperti sayur, buah-buahan juga mengandung multi-vitamin dan serat. Namun, dibandingkan sayur-sayuran, kandungan vitamin di dalam buah jauh lebih tinggi Sehingga sumber vitamin manusia seringkali diperoleh dari buah-buahan.

  • Susu

Susu merupakan salah satu sumber kalsium dan juga protein hewani. Susu tidak haya menambah sumber energi dan meningkatkan pertumbuhan tulang. Susu sapi merupakan jenis susu yang sering di konsumsi. Tapi sayangnya ada beberapa orang yang tidak dapat mengkonsumsi susu seperti ini karena alergi. Oleh karena itu susu kambing juga bisa menjadi laternatif untuk mereka yang alergi terhadap susu sapi.

Tapi apakah 4 sehat dan 5 sempurna sudah cukup untuk menjaga pola makan sehat? Tentu saja tidak. Selain mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna, kita juga harus memperhatikan proporsi makanan kita. Menurut rekomendasi dari US my plate, di dalam satu piring yang kita konsumsi harus terdiri dari 40% sayuran, 30% makanan pokok, 20% protein, dan 10% buah-buahan, serta didampingi dengan segelas susu atau yogurt.

Selain proporsi makanan dalam satu piring, mereka juga menyarankan beberaoa tips untuk makanan yang lebih sehat:

  • Mengkonsumsi susu rendah lemak. Dibandingkan susu pada umumnya, susu rendah lemak mengandung jumlah kalsium dan nutrisi yang sama dengan susu biasa, namun memiliki jumlah kalori dan lemak yang lebih rendah.
  • Mengkonsumsi daging rendah lemak. Daging rendah lemak yang dimaksud seperti daging dada ayam dan daging sapi bagian dalam, sekitar leher, sirloin, dan tenderloin.
  • Makan makanan yang tidak terlalu asin.
  • Minum air putih daripada minuman yang diberi pemanis.
  • Makan makanan laut karena makanan laut mengandugn protein, mineral, dan omega-3.
  • Mengurangi makanan yang mengandung lemak padat, seperti kue, biscuit, makanan penutup lainnya yang mengandung mentega, margarin, atau ragi; pizza, daging olahan berlewak tinggi dan es krim.

Bentuklah pola makan yang lebih sehat mulai dari sekarang. Bagi orang tua, jagalah makanan yang anak anda konsumsi karena kebiasaan makan mereka akan terbawa hingga dewasa. Selain itu jangan lupa untuk berolahraga agar badan anda dapat menyerap nutrisi lebih baik, dan menjadi lebih aktif dan lebih kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *