Cara Manajemen Diri Bagi Seorang Caregiver

Caregiver merupakan sebuah profesi atau peran yang tidak mudah dijalani tanpa persiapan pengetahuan, fisik, dan mental yang baik. Saat menjalankan tugasnya, seorang caregiver akan dipertemukan dengan banyak pekerjaan dan pemikiran. Tentu saja menjadi caregiver akan memberikan banyak manfaat baik pada diri sendiri maupun kerabat yang menerima pendampingan atau pelayanan. Namun, untuk memberikan pendampingan secara efektif, caregiver harus dapat melakukan manajemen diri yang baik.

Berikut ini adalah cara-cara seorang caregiver untuk mengatur atau memanajemen dirinya sendiri:

  • Menjadi sistematis dan Teratur

Saat berperan sebagai seorang caregiver, semua tugas yang akan dilakukan sebaiknya diatur secara sistematis. Cara yang paling klasik adalah dengan menulis pada sebuah buku catatan atau notes kecil yang dapat dibawa atau dibaca. Selain itu, caregiver juga dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini dengan menggunakan beberapa aplikasi dalam ponsel pintar. Hal-hal yang diketik atau ditulis pada catatan itu dapat di urutkan atau diwarnai sesuai prioritas. Contohnya: meletakkan dan memberi warna merah pada hal penting dan harus segera dilakukan.

  • Rencanakan segala hal

Selain mengatur kegiatan secara sistematis, seorang caregiver juga perlu membuat sebuah rencana yang perlu dilakukan pada saat memberikan pendampingan. Mulai dari rencana pendampingan pasien saat sakit, masa penyembuhan, rehabilitasi, atau pendampingan lainnya yang akan diberikan di masa depan. Rencana sebaiknya disusun pada waktu senggang agar tidak mempengaruhi kegiatan kerja lainnya.

  • Pahami peran dan tanggung jawab

Setiap caregiver memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan pasiennya. Ada pasien yang ingin memperoleh perhatian lebih, ada yang ingin mendapatkan pelayanan lebih, ada yang hanya ingin didampingi untuk hal-hal atau waktu tertentu saja, ada juga yang ingin diperlakukan sebagai teman biasa saja. Semua ini perlu digali dari setiap pribadi pasien, maka bicarakan dan simpulkan peran seperti apa yang perlu Anda ambil. Lakukan tugas caregiver anda sesuai dengan peran agar pasien merasa nyaman.

  • Jangan menunda pekerjaan

Jangan menunda pekerjaan yang hendak dilakukan. Jika memungkinkan, lakukan hal itu sesegera mungkin karena menunda pekerjaan dapat membuat pekerjaan lain terhambat sehingga dapat mengakibatkan pekerjaan sebagai caregiver tidak efektif.

  • Miliki Me-time

Jangan lupa! Caregiver adalah seorang manusia biasa. Untuk menjalankan peran sebagai seorang caregiver, dibutuh banyak energi dan pikiran. Makanya, jangan merasa bersalah, luangakan sedikit waktu dan pikiran untuk mengurus diri sendiri. Lakukan relaksasi untuk mengistirahatkan badan dan pikiran agar fisik dan mental Anda tetap fresh saat bertugas.

  • Jaga kesehatan

Meski tugas sebagai caregiver adalah menjaga dan memperhatikan kesehatan pasien, itu tidak berarti kesehatan Anda menjadi nomor dua. Caregiver tetap harus menjaga kesehatan dengan beristirahat yang cukup, selalu ingat makan, meminum vitamin bila perlu, dan selalu berolahraga pada waktunya. Karena aset terbesar yang harus dimiliki oleh seorang caregiver adalah badan yang sehat dan mental yang kuat.

  • Terhubung dengan komunitas

Jangan merasa bahwa Anda akan sendirian saat menjadi caregiver untuk membantu orang lain. Sekarang ada banyak komunitas non-profit yang memiliki visi dan misi yang sama dengan anda. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas-komunitas itu. Bergabung dengan komunitas tidak hanya menambah teman dan kenalan anda, tetapi juga bisa menambah pengetahuan anda melalui sharing ilmu dan pengalaman dengan anggota komunitas lainnya.

Jika anda tertarik untuk memberikan pendampingan kepada orang terdekat Anda, ikuti pelatihan dan jadilah caregiver bersama kami.

Silahkan hubungi kami di:

Telp. : (031) 9954-3588
HP/WA : 0817-7238-8889

atau

Referensi:

http://www.aarp.org/home-family/caregiving/info-2016/time-management-for-caregiver.html”

https://www.caregiver.org/taking-care-you-self-care-family-caregivers

http://www.cancer.net/coping-with-cancer/caring-loved-one/how-caregivers-can-take-care-themselves

https://iccc.id/bagaimana-cara-manajemen-diri-sebagai-seorang-caregiver

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *