Cara Melatih Otak Agar Lansia Tidak Mudah Pikun

Pikun adalah kondisi yang sering terjadi pada lansia. Secara medis, pikun disebut sebagai demensia yang disebabkan oleh kondisi otak yang mengalami penuaan. Kondisi ini memang tidak dapat disembuhkan, tapi itu dapat di perlambat dan dicegah dengan melakukan laihan otak.

Berikut adalah 6 macam pelatihan yang perlu diketahui oleh para perawat atau pendamping lansia:

  • Menghafalkan Lirik Lagu

Biasanya lansia senang menyanyikan lagu-lagu lama atau tembang kenangan dari saat dia masih muda. Mendengankan lagu-lagu ini dan menyanyikan liriknya dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk melatih daya ingat. Sebagai pendamping lansia, kamu bisa memilihkan lagu sesuai kesukaan mereka, kemudian membiarkan mereka mendengarkan dan menyanyikan lagu itu berulang-ulang.

Setelah itu, coba ajak mereka untuk menuliskan lirik lagu itu di atas kertas. Menulis akan menstimulasi otak lansia untuk mengingat lirik lagu itu.

  • Menggambar Peta

Peta yang dimaksudkan di sini adalah peta sederhana. Ajaklah mereka untuk menggambar peta sederhana mengenai lingkungan rumah, jalan ke pasar yang sering dikunjungi, atau jalan ke pusat perbelanjaan. Hal ini juga sangat efektif untuk melatih otak lansia.

  • Menghafalkan Daftar Belanjaan

Saat akan berbelanja mingguan atau bulanan, banyak orang akan membuat daftar barang apa saja yang perlu dibeli di kertas atau di hp. Jika orangtua anda juga melakukannya, coba tantang mereka untuk menghafalkan daftar belanjaan itu setelah mencatatnya. Dengan menghafal, daya ingat lansia akan terasah.

  • Mempelajari Bahasa Baru

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa mempelajari Bahasa baru dan menggunakannya untuk percakapan sehari-hari akan memperlambat proses penuaan pada otak. Mempelajari bahasa baru juga dapat membantu memperluas pergaulan dan mempermudah lansia berkomunikasi jika bepergian ke luar negeri.

  • Belajar Bermain Musik

Bermain musik dapat melatih otak dan memperlambat proses penuaan pada otak. Hal ini telah dibuktikan melalui beberapa penelitian. Oleh karena itu, kamu bisa mengajak orang tua mu mempelajari cara bermain musik. Mulailah dari alat musik yang mudah dan lagu yang orang tua senangi. Cara ini juga cukup efektif dan menyenangkan untuk Mengasah ingatan lansia.

  • Bermain Board Games

Saat berkumpul bersama keluarga, bermain board games selalu terasa menyenangkan. Ajaklah orang tua mu untuk memainkan catur, puzzle, sudoku, teka-teki silang, dll. Permainan itu akan Mengasah memori, konsentrasi, logika, dan koordinasi tangan dan mata.

Selain melakukan latihan otak seperti yang disebutkan di atas, ingatlah untuk menjaga gaya hidup sehat mereka dengan berolahraga dan makan makanan bergizi seimbang. Jauhkan mereka dari asap rokok dan pastikan mereka tidur dalam jumlah yang cukup. Cara itu akan membantu lansia memiliki badan yang sehat dan bebas pikun.

Jika anda ingin tau cara merawat lansia dengan baik, ikuti pelatihan Caregiver kami dan dapatkan keahlian untuk merawat dan mendampingi orang tua anda.

Info lebih lanjut hubungi:

Telp. : (031) 9954-3588
HP/WA : 0817-7238-8889

atau

This image has an empty alt attribute; its file name is whatsapp-tombol.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *