Tips untuk Membagi Tugas Sebagai Caregiver

Semua orang di dunia ini memiliki lebih dari satu peran setiap harinya. Seorang caregiver mungkin hanya memiliki peran sebagai seorang pendamping pasien di tempat dia bekerja. Namun di luar, dia mungkin memiliki peran lain, seperti seorang teman, sahabat, anak, orangtua, dll.

Semua peran itu memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Tumpukan tugas dan tanggung jawab itu terkadang dapat membuat kita kewalahan. Sehingga menimbulkan tekanan fisik dan mental yang jika di biarkan terus menerus akan menyebabkan berbagai macam ganguan pada kondisi tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membagikan tugas kepada orang lain. Namun, banyak orang yang memiliki kesulitan untuk membagi tugas dengan orang lain, dan Anda mungkin salah satunya. Kesulitan ini muncul dari persepsi bahwa aku dapat melakukan pekerjaan ini lebih baik dari orang lain, aku dapat mengerjakannya dengan lebih cepat dari orang lain, aku dapat mengerjakannya dengan lebih rapi dari orang lain, dst.

Persepsi-persepsi itu muncul dari anggapan membagikan tugas kepada orang lain merupakan perilaku tidak bertanggung jawab dan merupakan sebuah kelemahan. Tapi, itu adalah persepsi yang salah. Membagikan tugas bukan berarti tidak bertanggung jawab. Kamu bisa membagikan tugas itu sedikit demi sedikit dengan orang lain sambil mengawasi pekerjaan mereka.

Kamu juga tidak perlu merasa sungkan membagikan tugas mu kepada orang lain di sekitar mu. Sering kali keluarga dan teman akan bertanya apakah ada sesuatu yang bisa di bantu. Terimalah tawarkan itu dan bagikanlah tugas yang anda pikir dapat dia lakukan untuk membantu anda. Mereka akan merasa lega dan senang jika anda beralih ke mereka saat membutuhkan bantuan. Tapi ingat, berikanlah mereka bantuan balik saat mereka perlukan.

Dengan melakukan pembagian tugas itu, kamu akan memiliki tenaga untuk melakukan pekerjaan yang lebih penting dan waktu untuk mengembangkan diri demi pasien dan keluarga mu.

Jika anda tertarik untuk mempelajari cara membagi/mendelegasikan tugas sebagai seorang caregiver, ikutilah pelatihan kami dan jadilah caregiver yang bijak dan profesional.

Silahkan hubungi kami di:

Telp. : (031) 9954-3588
HP/WA : 0817-7238-8889

atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *