Jangan Salah Pilih! Perbedaan Perawat dan Caregiver

Beberapa pasien yang telah menjalani pengobatan di rumah sakit, memerlukan perawatan lebih lanjut selama masa pemulihan mereka di rumah. Hal ini sama halnya yang terjadi pada perawatan lansia. Namun, tidak semua orang dapat memberikan pelayanan pendampingan yang berkualitas untuk pasien. Jika hal itu terjadi, maka ada 2 pilihan yang dapat membantu Anda dalam memeberikan pendampingan kepada pasien atau lansia. Itu adalah perawat atau pekarya kesehatan (caregiver). Akan tetapi pendampingan yang dapat diberikan oleh perawat dan caregiver berbeda, jadi jangan salah pilih.

Perawat merupakan sebuah profesi yang memerlukan pendidikan tertentu sesuai dengan kemampuan yang telah ditetapkan departemen kesehatan dan pemerintah. Setelah menempuh pendidikan tersebut, para lulusan dari pendidikan itu harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) agar dapat berprofesi sebagai perawat. Perawat juga memiliki kewenangan untuk menganalisa masalah keperawatan, melakukan tindakan keperawatan tertentu seperti memasang infus, menyuntik, memasang selang makanan dari hidung (NGT), memasang kateter, dan lain-lain.

Sedangkan caregiver merupakan orang yang tidak menempuh jenjang pendidikan keperawatan tertentu, tapi telah memperoleh pelatihan untuk menjaga orang sakit. Caregiver dapat menyuapi, memandikan, mengganti sprei, membantu pasien buang air besar, membantu pasien buang air kecil, membantu mobilitas pasien, dan kegiatan lainnya yang berubungan dengan pendampingan pasien. Namun, caregiver tidak memiliki kemampuan dan kewenangan dalam melakukan langkah-langkah medis seperti yang dilakukan perawat.

Jadi jangan sampai salah pilih. Kenali kebutuhan pasien sebelum memilih pendampingan yang tepat.

Jika anda tertarik untuk ikut pelatihan dan menjadi caregiver, silahkan hubungi kami di:

Telp. : (031) 9954-3588
HP/WA : 0817-7238-8889

atau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *