CAREGIVER YANG BERDAMPAK BAGI SEMUA

Sebagai profesi, caregiver atau pekarya kesehatan (Apa Itu Caregiver) terklasifikasi sebagai salah satu bagian tak terpisahkan dalam lingkup dunia keperawatan. Kemunculan profesi tersebut berawal dari kebutuhan akan adanya pendampingan dan perawatan yang spesifik bagi kaum lanjut usia (lansia) di luar ranah keperawatan medik formal. Sayangnya, caregiver masih merupakan konsep yang belum jamak di Indonesia, walaupun kebutuhan akan jasa caregiver mulai bertumbuh terutama di kota-kota besar dalam negeri.

Walaupun pada dasarnya semua caregiver memiliki keinginan untuk membantu sesama, setiap caregiver memiliki karakteristik tugasnya masing-masing. Terdapat banyak jumlah dan jenis peran seorang caregiver di dalam dunia kesehatan, utamanya dalam dunia keperawatan non-formal. Berikut kami merangkum dan mendeskripsikan setiap tipe caregiver berikut dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing dari mereka.

Family Caregiver

Seorang Caregiver Keluarga (Family Caregiver) adalah salah seorang anggota keluarga yang membantu memberikan dukungan/bantuan emosional, sosial, urusan rumah tangga, dan bahkan spriritual (bervariasi untuk setiap individu) setiap hari atau sesuai kebutuhan kepada anggota keluarga yang sakit, menyandang disabilitas, ataupun orang tua (lansia) di rumah. Sebagian besar dari caregiver tipe ini rela mencurahkan waktu dan tenaganya secara cuma-cuma untuk merawat anggota keluarga tersayang mereka.

Professional Caregiver

Caregiver Profesional dapat memberikan layanan perawatan terstandarisasi bagi pasien. Para caregiver jenis ini dapat bertugas pada lingkup rumah pribadi maupun pada suatu fasilitas formal. Mereka membangun karir sebagai perawat yang mendukung si pasien untuk sedapat/seoptimal mungkin memiliki kehidupan yang mandiri. Tenaga caregiver profesional kerap kali bekerja di bawah naungan suatu lembaga, sehingga umumnya para pasien akan menghubungi lembaga-lembaga tersebut apabila membutuhkan jasa caregiver.

Independent Caregiver

Caregiver swadaya (Independent Caregiver) biasanya merujuk pada tenaga caregiver yang memiliki kompetensi layaknya seorang professional, namun tidak tergabung atau terikat pada suatu lembaga khusus. Mereka secara personal dihubungi oleh pasien ataupun keluarganya untuk disewa layanannya (tanpa perantara khusus seperti lembaga atau pihak ketiga lainnya).

Informal Caregiver

Seorang caregiver informal/tidak resmi biasanya adalah teman atau sahabat atau bahkan tetangga dari keluarga pasien yang bersedia merawat (umumnya secara cuma-cuma) si pasien karena kedekatan hubungan dengan si pasien sendiri ataupun dengan salah satu anggota keluarga lainnya. Informal caregiver sedikit berbeda dengan seorang family caregiver dalam hal apakah si perawat memiliki hubungan keluarga dengan si pasien atau tidak.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut peluang karir sebagai seorang caregiver ataupun ingin dapat mendampingi keluarga terdekat, Anda dapat mengikuti pelatihan caregiver dan membangun karir caregiver Anda bersama kami di Yayasan Pendidikan Cipta Mulya Surabaya.

Silakan menghubungi kami:

Telp. : (031) 9954-3588

HP/WA. : 0817-7238-8889

Our Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *