HOME CARE AT HOME SWEET HOME

Ketika berbicara mengenai kesehatan, urusan yang seharusnya diutamakan ini seringkali diabaikan atau dipandang sebelah mata. Banyak orang baru akan tersadar dan mulai memperhatikan kesehatan tubuh saat mereka telah jatuh terserang penyakit.

Jika sudah tidak berdaya lagi, barulah orang-orang mulai mencari berbagai cara guna mendapatkan. Cara untuk mendapatkan pelayanan pun berbeda-beda, sebagian langsung berkunjung ke klinik dokter atau rumah sakit dan ada pula yang menjatuhkan pilihan mereka pada layanan home care.

PENGENALAN HOME CARE

Home care merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam keperawatan khususnya yang berhubungan dengan kesehatan. Secara sederhana, home care adalah pelayanan kesehatan oleh tenaga medis di bawah pengawasan dokter, kepada pasien di dalam rumah. Home care sebagai salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang terdiri dari elemen pasien, keluarga, dan pemberian pelayanan yang professional serta bertujuan untuk membantu memulihkan kembali pasien pada level kesehatan dan kemandirian seperti sedia kala.

Lingkup praktik keperawatan di rumah (home care) meliputi beragam tugas keperawatan, seperti fisioterapi, terapi okupasi, hingga pelayanan kesehatan lainnya seperti asuhan keperawatan dewasa, asuhan keperawatan maternitas, atau asuhan keperawatan gerontik. Selain perawatan medis, home care juga dapat mencakup pelayanan untuk membantu aktivitas sehari-hari pasien (seperti mandi, berpakaian, dan makan), jasa memasak, membersihkan rumah, serta memantau obat-obatan yang dikonsumsi.

Pelayanan home care bertujuan:

  • Meningkatkan fungsi tubuh pasien sehingga ia dapat menjalani rutinitas dengan lebih percaya diri
  • Mengoptimalkan kondisi pasien dan mendampingi pasien di rumah, sehingga mencegah kebutuhan perawatan jangka panjang di rumah sakit.

Home care dapat disarankan langsung oleh dokter, atau diminta khusus oleh keluarga pasien maupun pasien sendiri. Home care diberikan untuk pasien dengan kebutuhan khusus, yang perlu tetap tinggal di rumah. Secara umum, pasien tersebut mungkin adalah seorang lansia, pengidap penyakit kronis, pasien yang menjalani tahap pemulihan pasca operasi, ataupun penyandang disabilitas tertentu.

Sebelum menjalani home care, keluarga sebaiknya meluangkan waktu bersama dengan perawat atau tenaga medis lain yang akan memberikan pelayanan kesehatan di rumah. Keluarga dapat mendiskusikan dan menginformasikan mengenai:

  • Rutinitas dan kebiasaan pasien
  • Kondisi medis yang dialami oleh pasien, seperti penyakit dan cedera
  • Tanda-tanda kondisi darurat medis yang perlu diwaspadai
  • Kegemaran dan hal-hal yang tidak disukai oleh pasien
  • Obat-obatan, termasuk cara dan waktu pemberian
  • Penggunaan alat-alat bantu, seperti kacamata, tongkat, atau alat bantu dengar
  • Gangguan mobilitas, seperti kesulitan berjalan atau penggunaan kursi roda
  • Alergi, diet khusus, atau kebutuhan nutrisi lain
  • Terapi olahraga dengan instruksi khusus

Pasien atau klien yang memperoleh pelayanan keperawatan di rumah bisa mendapatkannya dari rujukan dan klinik rawat jalan, unit rawat inap rumah sakit, maupun puskesmas. Namun, pasien dapat juga langsung menghubungi agen pelayanan keperawatan di rumah atau praktek keperawatan perorangan untuk memperoleh pelayanan home care.

Membandingkan dan menentukan perawat dan agen penyedia mana yang sesuai dengan kebutuhan akan sangat penting dilakukan guna membantu mempercepat proses penyembuhan yang dijalani oleh pasien. Untuk itu, kamu bisa diskusikan terlebih dulu dengan kami:

Yayasan Pendidikan Cipta Mulya Surabaya

Telp. : (031) 9954-3588

HP/WA. : 0817-7238-8889

Our Website

Author:
https://www.linkedin.com/in/joshua-jeffrey-kurniawan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *