MENGENAL BERBAGAI JENIS ALAT BANTU JALAN

Dewasa ini, ada begitu banyak tipe dan varian alat yang mampu menyokong pergerakan dan aktivitas pasien ataupun para lansia. Beberapa di antaranya adalah alat bantu jalan yang ditawarkan oleh berbagai produsen dalam berbagai bentuk dan rupa. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi singkat untuk membantu anda dalam mengenali beberapa macam alat bantu tersebut, dan dengan demikian membantu untuk memilih alat dengan kegunaan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

1. Kruk (Crutches)

Kruk Tumpuan Ketiak

Alat bantu jalan ini berfungsi untuk menumpu sebagian atau seluruh berat tubuh pengguna (karena bagian kaki yang sedang dalam pemulihan ataupun karena disabilitas) dapat dipakai sendirian (satu buah) ataupun berpasangan (dua buah) untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. Kruk digunakan dengan cara menyandarkannya pada ketiak atau disandarkan pada lengan dan dapat digunakan secara berpasangan sebagai opsi yang menawarkan keseimbangan lebih.

Penggunaan kruk bertujuan untuk membantu pasien berjalan (pasien dapat menyandarkan bobot tubuhnya pada kruk) sekaligus meningkatkan rasa percaya diri pasien karena mengurangi ketergantungan kepada orang lain dalam bergerak dan berjalan. Penggunaan kruk juga bermanfaat mencegah kelainan bentuk pada kaki, mencegah pengecilan otot dan persendian yang kaku, serta menyembuhkan fungsi otot seperti sedia kala.

Kruk Tumpuan Lengan

2. Walker

Walker Beroda

Walker adalah alat bantu jalan yang memiliki dua gagang sebagai tempat pegangan serta empat kaki sebagai penumpu. Terdapat dua jenis walker, yaitu standar dan yang beroda. Perbedaannya terdapat pada keberadaan roda di kaki walker (tipe beroda) bagian depan (terdapat pula walker yang memiliki roda pada keempat kakinya).

Penggunaan walker standar harus diangkat pada saat melangkah, namun untuk walker beroda hanya cukup menggelindingkan di lantai. Untuk tingkat stabilitasnya lebih baik walker standar daripada walker beroda.

Dapat digunakan oleh pasien yang mengalami patah tulang kaki ataupun pasien yang masih lemah untuk dapat menggerakkan kedua kakinya. Penggunaan walker mampu memberikan rasa aman pada pasien, membantu memulihkan kebugaran secara cepat, serta menjaga pasien saat melakukan latihan berjalan.

3. Tongkat (Canes)

Tongkat (Canes)

Tongkat adalah alat bantu jalan sederhana dan umumnya terbuat dari kayu atau logam. Biasanya digunakan oleh pengguna dengan gangguan keseimbangan ringan (seperti lansia). Penggunaan tongkat membantu seseorang untuk beraktivitas, mempertahankan posisi tubuh dan memperlancar peredaran darah.

4. Tripod / Quad Cane

Quad Cane

Sesuai namanya, tongkat tripod merupakan alat bantu jalan yang memiliki tiga sementara tongkat quad memiliki empat kaki. Biasanya digunakan oleh pasien yang kondisinya hamper pulih ataupun oleh lansia dengan gangguan keseimbangan menengah hingga ringan. Indikasi penggunaannya digunakan untuk pasien stroke, osteoarthritis sendi lutut, dan gangguan keseimbangan pada lansia. Alat ini juga dapat digunakan oleh pasien dengan gangguan jalan karena kelemahan di salah satu tungkai.

5. Kursi Roda (Wheelchair)

Kursi roda merupakan alat bantu jalan bagi mereka yang kesulitan menggunakan kakinya baik karena disabilitas bawaan lahir, karena penyakit tertentu, ataupun akibat cidera permanen (misal amputasi) ataupun non-permanen. Kursi roda secara umum ditawarkan dalam dua jenis, kursi roda manual dan listrik/otomatis. Pengguna kursi roda manual dapat menggerakkannya secara mandiri ataupun melalui bantuan orang lain yang mendorong dari belakang si pasien.

Namun bagi pengguna yang ingin bergerak lebih jauh dan lama, disarankan untuk mempertimbangkan kursi roda listrik/otomatis. Tipe ini umumnya memiliki fitur untuk bergerak maju mundur, manuver belok kiri dan kanan serta mengerem. Umumnya kursi roda listrik dilengkapi pula dengan alat isi ulang sehingga dapat digunakan di rumah dengan praktis dan mudah.

Kursi Roda

Silakan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai caregiver dan alat bantu jalan yang cocok untuk anda maupun keluarga:

Yayasan Pendidikan Cipta Mulya Surabaya

Telp. : (031) 9954-3588

HP/WA. : 0817-7238-8889

Our Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *